Apakah Operasi Sinusitis Bakal Mengubah Bentuk Hidung

Operasi sinusitis, seperti operasi sinus endoskopi, umumnya tidak dirancang untuk mengubah bentuk hidung secara langsung. Tujuan dari operasi sinusitis adalah untuk mengobati kondisi peradangan pada dinding rongga sinus dan memperbaiki aliran udara serta drainase cairan sinus yang terganggu. Namun, dalam beberapa kasus, terutama jika ada kelainan struktural atau polip hidung yang menyebabkan sinusitis, operasi tersebut mungkin juga melibatkan koreksi masalah struktural hidung yang mendasarinya.

Meskipun tidak secara khusus dikonsep untuk mengubah bentuk hidung, operasi sinusitis bisa memberikan dampak estetika pada penampilan hidung tergantung pada kondisi spesifik yang diatasi selama operasi. Beberapa kemungkinan perubahan terkait tampilan hidung setelah operasi sinusitis antara lain:

  1. Perubahan Kecil: Pada sebagian besar kasus, operasi sinusitis tidak akan menghasilkan perubahan signifikan pada penampilan hidung.
  2. Koreksi Kelainan Struktural: Jika operasi sinusitis gunung388 juga melibatkan koreksi kelainan struktural hidung seperti septum hidung yang bengkok, bisa terjadi perbaikan bentuk hidung yang mungkin terlihat lebih simetris setelah pemulihan.
  3. Penghapusan Polip Hidung: Jika operasi sinusitis melibatkan pengangkatan polip hidung yang besar atau mengganggu, perubahan pada hidung bisa terjadi setelah operasi.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) atau ahli bedah sinus tentang ekspektasi dan tujuan operasi sinusitis, termasuk potensi dampak estetika pada hidung. Dokter akan dapat memberikan informasi yang lebih spesifik terkait rencana operasi, risiko, dan dampak yang mungkin terjadi pada penampilan hidung setelah prosedur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *